Sabtu, 22 Oktober 2011

Fraksi PPRN Terancam Bubar










Medan (Pena Media)
Ketua Fraksi Pelopor Peduli Rakyat Nasional (F-PPRN) DPRD Sumut Rinawati Sianturi menolak berkomentar banyak terkait rencana hengkangnya empat anggota fraksi tersebut dan memilih bergabung dengan Fraksi Partai Gerindra Bulan Bintang Reformasi.
"Nanti kita kasih keterangan resmi karena masih menunggu surat dari DPP PPRN,' ucapnya singkat menjawab wartawan, Kamis (13/10) saat diminta komentar tentang rencana hengkangnya empat anggotanya yakni, Washington Pane, Rahmiana D Pulungan, Oloan Simbolon dan Sonny Firdaus.
Rinawati yang saat itu didampingi anggota Fraksi PPRN Rooslinda Marpaung mengaku baru mengetahui informasi kepindahan empat anggotanya. "Surat keputusan mereka pindah juga belum ada kita terima," ujarnya.
Menurut Rina, terlalu dini jika fraksi PPRN disebut bubar, sebab segala urusan administrasi dan lainnya belum ada secara tertulis.    "Kepada saya juga tidak ada surat apapun yang menyatakan kepindahan anggota. Jadi saya masih menggangap fraksi tetap ada," ujarnya.
Jika benar keempat anggotanya hengkang, menurutnya harus ada surat pemberitahuan kepadanya.
Dia mengingatkan, ada perjanjian tertulis berisi komitmen anggota mempertahankan fraksi yang dibuat di awal pembentukan fraksi ini. "Saya kira teman-teman juga harus menghormati perjanjian itu," sebutnya. Selain itu kata Rinawati hal tersebut tentu saja bertentangan dengan aturan yang ada dalam ketentuan partai.
Ditanya soal informasi kepindahan keempat anggota tersebut terkait soal komposisi unsur pimpinan fraksi, komisi, banggar dan bamus, Rinawaty membantahnya. Terkait Rooslynda yang kemudian diplot menjadi ketua fraksi, menurutnya adalah kebijakan partai.
Walau demikian, dia mengakui ada perjanjian tertulis bahwa sekarang giliran Rahmianna D Pulungan menjadi ketua fraksi di pergantian komposisi fraksi tahun ini. Namun, pada akhirnya perintah partailah yang harus dituruti.
Dia mengaku ingin tetap mempertahankan keutuhan fraksinya. "Tapi bagaimana mau berkomunikasi, mereka tidak mau mengangkat telepon saya," ujarnya.
Sebelumnya disebutkan Fraksi PPRN DPRD Sumut terancam bubar, akibat empat dari tujuh anggotanya hengkang dan bergabung ke Fraksi Gerindra Bulan Bintang Reformasi (F-GBBR).
Kepindahan keempat anggota fraksi itu otomatis membubarkan F-PPRN. Pasalnya, sesuai ketentuan, salah satu syarat pembentukan fraksi minimal memiliki lima orang anggota.
Keempat anggota itu adalah Washington Pane, Rahmianna D Pulungan, Oloan Simbolon dan Sonny Firdaus. Washington Pane dan Rahmianna D Pulungan adalah kader PPRN, sementara Oloan dari Partai Persatuan Daerah (PPD) dan Sonny Firdaus dari Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PPIB).
F-PPRN merupakan gabungan anggota dewan dari empat partai, yakni Partai Peduli Rakyat Nasional dengan 4 anggota, yakni Rinawaty Sianturi, Rooslynda Marpaung, Washington Pane dan Rahmianna D Pulungan, Partai Persatuan Daerah (Oloan Simbolon), Partai Perhimpunan Indonesia Baru (Sonny Firdaus) dan Partai Pelopor (Restu Sarumaha).
Hengkangnya empat anggota F-PPRN itu karena sudah merasa tidak nyaman untuk mengakomodir dan memperjuangkan aspirasi rakyat maupun perjuangan partai.
Isu lain menyebutkan kepindahan dilatarbelakangi ketidakharmonisan hubungan anggota dan pimpinan fraksi yang dikomandoi Rinawati Sianturi.
Tidak Ikut Campur
Sementara itu Ketua F-GBBR DPRD Sumut, Yan Syahrin, mengatakan tidak ingin mencampuri urusan internal Fraksi PPRN. "Namun kemarin saya hanya menerima surat resmi dari empat anggota Fraksi PPRN ingin bergabung ke fraksi kita," kata Yan Syahrin.
Surat resmi bergabungnya keempat anggota F-PPRN itu menurut Yan Syahrin juga masih akan dikomunikasikan dengan pimpinan partainya.      Washington Pane mengatakan, pilihan bergabung ke F-GBBR sudah direstui DPP PPRN. Melalui surat DPP yang ditandatangani Sekjen Maludin Sitorus tertanggal 11 Oktober 2011 dan sudah diteruskan ke pimpinan dewan.
"Secara partai, kepindahan saya ini tidak ada masalah. Pasalnya DPP mempersilakan saya memilih bergabung ke fraksi mana saja," sebutnya.
Hal senada juga diungkapkan Oloan Simbolon, yang juga Ketua DPD PPD Sumut ini. "Partai saya menyetujui perpindahan ini. Sonny Firdaus, yang juga Ketua DPD PPIB Sumut ini juga menyatakan bahwa partainya menyetujui langkahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar