Selasa, 29 Mei 2012

Sumut masih mempunyai 2.876 desa tertinggal


 Gambar desa tertinggal

Dari 5.889 desa dan kelurahan di Sumatera Utara, ada 2.287 desa tertinggal. Sementara hanya 1963 desa yang memiliki kantor.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemmas) dan Pemerintahan Desa Pemprov Sumut, Rusli Abdullah dalam sosialisasi pemberian bantuan keuangan Pemprov kepada Pemerintah Desa di Jalan Williem Iskandar, Medan, Senin (28/5) mengatakan, dari jumlah tersebut, sebanyak 2.352 desa di Sumut berkembang, sedangkan yang memiliki kantor hanya 1.963 desa. Selebihnya, masih menggunakan rumah pribadi sebagai kantor desa.

Oleh karena itu, bantuan sebesar Rp 50 juta dari Pemprov Sumut untuk setiap desa diharapkan dapat mendukung akselerasi pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. Serta menambah pendapatan desa yang dapat digunakan dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan kemasyarakatan.

Rusli menjelaskan, untuk tahun 2012 ini, dialokasikan bantuan Rp 50 juta untuk 1.000 desa tertinggal di Sumut. Menurut Rusli, acara pada hari ini merupakan sosialisasi angkatan pertama bagi 500 kepala desa di 13 kabupaten se-Sumut yang berlangsung selama tiga hari. Sedangkan angkatan ke dua berlangsung pada taggal 30 Mei-1 Juni. Bantuan masing-masing desa Rp 50 juta akan diberikan setelah para aparat desa mengajukan proporsal dengan sasaran bantuan antaralain untuk pembangunan infrastruktur desa, peningkatan ekonomi masyarakat yang dilaksanakan oleh lembaga usaha desa serta operasional pemerintahan desa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar